Pengertian Sales, Salesman, atau Salesmanship

9 komentar
Sales, Salesman, Salesmanship adalah sebuah profesi dimana seseorang yang kerjanya berkeliling ke rumah-rumah, sok ramah tamah dan berniat menjual produknya ke konsumen dengan cara menghasut konsumen agar tertarik dan membeli produknya.Menurut Omend (menuju) Amd (dan insyaALLAH ke S.E).

Yap, itu adalah definisi q, jawaban reflek dari seorang mahasiswa sering di panggil Omend ini yang jika di tanya, Apa itu Sales atau Salesman. Wah sepertinya konotasinya buruk banget ya, hehe... mungkin Definisi Salesmanship tersebut adalah sebuah flash back dari kejadian-kejadian masa lalu yang tentu saja berhubungan dengan Salesman. bagaimana tidak,masih teringat dengan sekelumit kisah buruk q, dengan para Sales
Cerita dikit
"siang hari hanya ada aq dan bapak, datang tiga orang hem putih celana hitam, dua cowok satu cewek (lumayan) bawa alat-alat dapur datang ke rumah q, bla-bla-bla... dengan gaya bicarany mereka yang benar-benar elegan,induktif,deskriptif,persuasif,propokatif, duh pokoknya canggihlah,  kami berduapun terasa tehipnotis, dan ga isa nolak,... maka ter-belilah selang yang aman buat tabung Gas, dan seperangkat alat makan. dan itu terjadi kurang dari 1 jam. lanjut ke endingnya,... Ibu pulang dan berkata :
Jawa Version : Iki go opo??? elalah pak, gelas'e kie wes okeh, gek piro regane???,, Bla-bla-bla.
Indo Version : Ini semua buat apa? aduh pak, gelas kita sudah banyak, trus brapa ini harganya??? Blah-blah.
tanpa merasa bersalah, aq dengar percakapan Ortu, makan lontong  sembari nonton Tipi. hehew,..."

Dan yang anehnya lagi, kira-kira dua minggu-an setelah kejadian di atas, Ibuk juga membeli sebuah alat Pel lantai (lumayan canggih) karena sekali di tarik aja airnya lagsung keluar, jadi gak usah susah meras airnya, itupun  juga dari Sales yang lagi berpromosi di rumah tetangga. tapi sekarang alat Pel Lantainya rusak. hemm, mungkin dari dua cerita itu aq Definisikan Salesman seperti yang paling atas itu, tapi setelah tadi pagi, dimana sang dosen memberi q, Pencerahan mengenai Arti dari Sales, Salesman, atau Salesmanship dan aqpun mulai belajar, terrtarik dan ingin tahu lebih lanjut akan  profesi itu. dan di bawah ini adalahb kalimat bebera kalimat mengenai Profesi ini :

[Johny Rusly] yang ahli dalam Inspirasi Bisnis dan juga Manajemen

"Satu-satunya divisi yang menghasilkan Uang, dalam arti kata sebenarnya, adalah divisi sales. Divisi yang lain bisa menghemat biaya, tetapi tetap tidak bisa menciptakan aliran dana masuk. Fokus pada divisi SALES, dapat memberikan pemasukan yang berkesinambungan bagi perusahaan Anda"

Definisi kata Sales  ini menurut [ thefreedictionary.com ] kamus online adalah
“ A man who is employed to sell merchandise in store or in designated territory ”

Bahasa Indonya  kurang lebih seperti ini
Seorang pria yang digunakan untuk menjual barang dagangan di toko atau di wilayah yang ditunjuk

9 komentar:

  1. hahaha..ente jadi pengemis,,ane jadi salesmen,,gimana sob ^^

    BalasHapus
  2. Ceritanya Seru gan, agan bisa aja nih.
    Maju terus gan.

    BalasHapus
  3. Persis sob, Ane juga nemuin tuh sales yang kaya gitu.

    BalasHapus
  4. hahaha...
    Pengalaman yang unik gan.

    BalasHapus
  5. CALON SARJANA KOK MENGARTIAKN SESUATU DENGAN CARA YG GAK ILMIAH,,,,GAK PANTAS BOS

    BalasHapus
  6. Apik gan ceritane lanjutkan..

    BalasHapus