SalesMan TERBAIK di DUNIA - Joe Girard van Detroit

7 komentar
Jika berbicara mengenai Sales atau Salesman,  tentu sewajarnya jika  aq mulai bertanya siapa Salesman terbaik yang pernah ada, kalau ahli di bidang marketing yang paling terkenal adalah  Philip Kotler lalu siapa yang ahli di bidang Sales ???,...  Setelah muter-muter di Google akhirnya aq pun tau, yap, ternyata SalesMan TERBAIK di DUNIA adalah  Joe Girard van Detroit. Ok mari berkenalan dengannya.

Nama Joe Girard (SALESMAN yang menjual 13.000 mobil dalam 15 tahun)  yang kini tercatat abadi sebagai World’s Greatest Salesman menurut The Guinness Book of World Records. Latar belakangnya yang miskin penuh derita membuat suksesnya lebih bercahaya. Joe Girard adalah pahlawan wiraniaga terbesar yang bisa disejajarkan dengan Rudy Hartono di bulu-tangkis, Karpov di catur, atau Pele di sepakbola. 

Joe Girard, yang tinggal di Detroit ini, selama 12 tahun berturut-turut berhasil menjual puluhan ribu mobil –sendirian– dengan rata-rata penjualan 6 kendaraan per hari. Penjualan ini ekivalen dengan kinerja sebuah dealer mobil berukuran top di Indonesia dengan dukungan karyawan 30-an orang.

Dan berikut adalah Prinsip Sukses dari seorang Joe Girard dari www.joegirard.com , Perlu ditiru nie,..


   1. Miliki sikap positif
berkumpul dengan orang positif, jauhi orang cengeng dan pengeluh, karena mereka akan menarik Anda turun ke level mereka. Jika sesuatu dalam hidupmu tidak berjalan baik, simpanlah dalam hati Anda, tak seorang pun ingin mendengar Anda mengeluh. Buatlah orang meyakini bahwa Anda memiliki waktu yg menyenangkan bersama mereka

   2. Organisasikan Hidup Anda
Buatlah Buku janji temu sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan kata yg memuakkan: "SAYA KELUPAAN". Pada akhir setiap hari, renungkan apa yg telah dan belum Anda lakukan, agar Anda menjadi dikuatkan untuk menghadapi hari berikutnya. Jika Anda tahu kemana Anda akan menuju, kesanalah Anda akan berada. Jika Anda tidak tahu, maka Anda TERSESAT!

   3. Bekerja Saat Jam Kerja
Jangan buang waktu makan siang terlalu lama, dan hanya makan bersama orang yang dapat menolong persoalan Anda. Jangan mundur dari jam kerja terlalu dini, jika iya maka anda adalah ORANG YANG KALAH.

   4. Cermati Kebiasaan yg Ditolak oleh Joe Girard
Jangan merokok atau mengunyah tembakau, jangan makan permen, jangan pakai parfum berlebihan, jangan bercanda kotor, dilarang mengeluarkan napas alkohol. Pria jangan pakai anting saat bekerja. Buat 'silent' hp Anda - karena mengganggu. Pembunuh terbesar dari semua hal ini adalah: TIDAK TEPAT WAKTU.

   5. Berbusana TEPAT
Orang macam apa yang sedang berhubungan bisnis dengan Anda? Apakah Anda menjual pada pekerja kerah biru? Jangan pakai baju seharga jutaan dan sepatu lux, perhiasan atau jam mewah (karena akan mengganggu). Pakailah perlengkapan itu pada waktu Anda sendiri, jangan pada saat Anda bekerja - busana dapat memadamkan niat beli orang.

   6. Mendengar
Orang bisa komplain jika Anda tidak mendengar. Semakin lama Anda mendengarkan, semakin merasa 'terhutang' orang lain terhadap diri Anda. Semakin Anda mendengar, semakin besar kemungkinan Customer berbisnis dengan Anda. Mendengar, menunjukkan Anda peduli. "Mulut digunakan untuk makan -jaga mulut Anda tetap diam!" Diam itu Emas.

   7. Senyum!
Sebuah senyum akan meningkatkan "nilai wajah" Anda. Jika orang lebih sering tersenyum, customer Anda akan merasa lebih baik dan lebih ingin berbisnis dengan Anda, plus itu baik untuk kesehatan Anda!

   8. Balas semua Telpon & Email
Tidak membalas panggilan telpon atau email adalah cara untuk kehilangan customer dan teman. Balas panggilan dan email Anda segera secepatnya. Jika tidak, itu sama halnya dengan "menghanguskan jembatan."!

   9. Katakan Kebenarannya
Kalau sekali Anda tertangkap berbohong, Anda akan selalu menjadi pembohong. Bahkan jika Anda menyampaikan kebenaran pada akhir hidup Anda, Anda tidak akan dipercayai atau dipercayakan lagi. Bahkan hingga Anda MATI.

   10. Jangan Pasang Harga terlalu TINGGI
Jika iya, dan customer Anda membandingkan penawaran Anda dengan orang lain, Anda telah kehilangan dia. Take a little and leave a little (ambil sedikit dan tinggalkan sedikit). Joe hanya bekerja dengan keuntungan kecil, namun dia memiliki VOLUME yang BESAR, setara dengan penjualan ritel 6 mobil SETIAP HARI! Dari kata orang: Anda tidak dapat mengalahkan HARGA JOE GIRARD.

   11. Berdiri di Depan Produk dan Layanan Anda, bukan di belakangnya.
Hal Terpenting untuk dilakukan bagi customer adalah LAYANI MEREKA, dan mereka akan berbisnis dengan Anda sekali dan berkali-kali kemudian. Inilah kenapa JOE GIRARD jadi #1 di DUNIA.

   12. Kuncilah setiap Penjualan
Setelah Anda menutup penjualan, tanya pada Customer Anda, mengapa mereka membeli dari Anda -jika mereka mengatakan sebabnya, mereka sedang memupuk kepercayaan mereka di dalam Anda. Sejadinya, tidak ada lagi pembeli yang undur, yang berarti tidak akan ada pembatalan.

   13. Beri Diri Anda Reward
Perlakukan Diri Anda dengan baik untuk semua Kerja Cerdas yang telah Anda lakukan. ANDA BERHAK MENERIMANYA!


Mungkin cukup itu dulu, perkenalan kita dengan  sang ahli Sales ini, sekian semoga bermanfaat. ...

7 komentar: