Kiat Sukses Menjadi Salesman

12 komentar
Salesman, atau biasa disebut Sales Person, Sales Force, Marketing Staff, Client Advisor, Product Ambassador, Consultant, dan sebagainya, adalah orang2 yang luar biasa. Banyak sekali profil Salesman yang sukses, dipublikasikan. Mereka mendapatkan kompensasi bonus yang luar biasa besar. Gaji teta p mereka memang tidak banyak, namun komisi dari hasil penjualan, itulah yang menggiurkan. Banyak Sales yang sukses, namun lebih banyak lagi yang gagal. Sering terjadi salesman tidak bekerja dengan maksimal dikarenakan beberapa hal,seperti kurang mendapat motivasi dari supervisornya, keterampilan menjual yang rendah, tidak menghargai profesinya dan banyak hal lain lagi.

Tiga keahlian dasar yang harus dikuasai seorang salesman agar menjadi yang terbaik :

-Pengetahuan Produk
-Komunikasi
-Integritas
  1. Pengetahuan Produk
Pengetahuan produk yang mendalam, memberikan rasa percaya diri kepada salesman untuk berhadapan langsung dengan pelanggan.

Salesman yang tidak menguasai produk, termasuk salesman senior, cenderung tidak menawarkan produk yang tidak dikuasainya. Kekuatiran tidak bisa menjawab pertanyaan pelanggan membuat mereka menunda atau asal sekedar menawarkan produk tersebut. Kasus ini banyak terjadi pada pengembangan produk baru.

Pengetahuan produk tidak sekadar mencakup pemahaman keunggulan dari sisi kita. Salesman yang baik harus bisa menguasai seluk beluk produk kompetitor, agar dapat menangani keberatan pelanggan dengan baik.

      2.  Komunikasi
    Salesmanship adalah komunikasi. Kita membutuhkan komunikasi, baik dalam hal menyampaikan keunggulan produk kita maupun dalam mencari solusi bagi pelanggan.

    Komunikasi hanya dapat dicapai dengan dua cara:
    a. Berbicara
    b. Menulis

    Namun inti dari segala komunikasi sebenarnya bukan disitu. Intisarinya adalah MENGERTI apa yang diinginkan pelanggan. Jadi, belajarlah untuk;
    c. Mendengar
    d. Menangkap poin

    Menguasai cara-cara berkomunikasi yang baik dapat meledakan penjualan kita! Belajarlah Sekarang juga!

         3.  Integritas
      Walk the talk; lakukanlah semua yang telah Anda janjikan! Tidak ada yang lebih mematikan kredibilitas seorang salesman daripada selalu mengingkari janji.

      Pelanggan membeli ke kita bukan karena harga kita murah atau produk kita yang terbaik, tetapi lebih karena percaya pada kita.
      # Percaya, bahwa kualitas barang yang dikirim akan sesuai dengan contoh.
      # Percaya, bahwa kita mengirim barang tepat waktu dan tidak janji-janji melulu
      # Dan Percaya, jika ada masalah, Anda dapat ditemui dan tidak sembunyi.

      Syukurlah, sifat Integritas dapat dipelajari. Kuasailah sifat tersebut!

      Action Plan:
      1. Kuasailah segera keahlian / sifat-sifat tersebut.
      2. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas super yang relevan

      Memang tak mudah untuk menjalani itu semua, namun jalan SUKSES itu selalu terjal. So,.. keep doing and spirit. !!!

      referensi dari : 1000 Hari Menuju Sukses.

      12 komentar:

      1. haha,,sip kawan,,sapa tau ane nanti malah jadi salesman,,,bisa buka lagi blog ente,,hehe,,ijin bookmark yaa ^^

        BalasHapus
      2. wah saya jg baru belajar jadi salesman nih, thanks atas ilmunya

        BalasHapus
      3. wah lebih cerah sob white jadi tambah coll aj sob :D

        BalasHapus
      4. Info menarik...trims...
        Saya paling ragu dgn sales asuransi di Indonesia...

        BalasHapus
      5. yang merasa indonesia tolong lapor kan penyalah gunaan malaysia mencela indonesia lihat di http://indonbodoh.blogspot.com/

        BalasHapus
      6. Mas Planetto, mohon ijin yang terlambat. saya merujuk ke tulisan Mas Planetto dalam tulisan saya.

        Terima kasih.

        Zainal Naseventy

        BalasHapus
      7. @Zainal Naseventy : silakan gan, thanks dah berkunjung .

        BalasHapus
      8. Bagaimana kalau kita jadi reseller pake kantong pribadi,lalu menjual produk sendiri door to door.

        BalasHapus
      9. sipp,,,,tidak ada yang tdak mungkin selama kita berusaha,,,keeyy...!!gan omend,,,emng sales marketing adalah ujung tombak perusahan,,jadi walupun kita keluar tapi ilmunya buat ap ja bisa,,,

        BalasHapus
      10. semangat untuk sales marketing,,peran penting dalm perusahan ,,adalh ujung tombak,,gak ada marketing,,perusahan gak kan maju,,tohh ilmunya itu lo yang penting,,,

        BalasHapus